RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 (TEMA 1 -
SUB TEMA 1 - PEMBELAJARAN 2)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SD Negeri .........................
Kelas /
Semester : 4 /1
Tema : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi
waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
SBdP
3.4 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan
gerakannya.
4.1 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk
tari bertema dengan mengacu pada gaya tari.
Matematika
3.6 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan
dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
3.7 Merepresentasikan sudut lancip dan
sudut tumpul dalam bangun datar.
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1. Menjelaskan persamaan antara dua
rumah adat yang disajikan.
2. Menjelaskan perbedaan antara dua
rumah adat yang disajikan.
SBdP
1. Menjelaskan (asal, keunikan gerakan)
salah satu tarian adat (tari Kipas).
Matematika
1. Membedakan jenis sudut lancip,
tumpul, dan siku-siku.
2. Mengukur besar sudut dengan
menggunakan busur.
3. Mendeskripsikan bentuk-bentuk sudut.
D. TUJUAN
1. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan benar.
2. Setelah membaca teks dan mengamati gambar, siswa mampu
menjelaskan persamaan antara dua rumah adat dengan benar.
3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu
membedakan jenis sudut lancip, tumpul, dan siku-siku dengan benar.
4. Setelah bereksplorasi, siswa mampu
mengukur besar sudut dengan menggunakan busur dengan benar.
5. Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu menjelaskan (asal, keunikan gerakan) salah satu tarian adat (tari
Kipas) dengan benar.
E.
MATERI
Alat: Busur,
penggaris, dan benang.
Teks tentang
rumah adat dan mengamati bentuknya.
Persamaan
dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan.
Sudut
lancip, tumpul, dan siku-siku.
Teks tarian
tradisional.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi, dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
2. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
3. Pembacaan Teks Pancasila.
4. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.
5. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
6. Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak dan lagu yang relevan.
7. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
8. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
2. Siswa
mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan.
3. Siswa
menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku.
4. Siswa
menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan
memberinya nama.
5. Siswa
saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya.
6. Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa.
7. Untuk
melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru memberikan pertanyaan
tambahan:
a. Mengapa bentuk atap sebuah rumah
memiliki besar sudut yang berbeda?
b. Apa pengaruhnya?
8. Siswa memperhatikan benda,
misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru.
9. Siswa
menerka jenis sudut pada benda itu.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini.
2. Siswa menuliskan hal-hal yang
telah mereka pelajari, kesulitan yang merekaalami,sertahal lain apa yang
ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5. Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.
6. Tugas: Siswa menemukan sudut
sebanyak-banyaknya di lingkungan sekitar rumah dan mengelompokkannya ke dalam
sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. Hasil kegiatan ini diperlihatkan kepada
guru.
7. Matrik Perkalian 1-9.
8.
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa mencari
sudut siku-siku di sekitarnya dan membuktikan dengan cara yang berbeda-beda.
Remedial
Bagi siswa
yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru dapat melatih mereka
di luar jam pelajaran. Siswa mengukur besar sudut dari soal-soal yang disiapkan
oleh guru.
Contoh:
Ukur sudut pada gambar
Guru
memperhatikan cara siswa menggunakan busur derajat.
Kegiatan
dilakukan selama 30 menit.
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak,
Lingkungan keluarga,
dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Buku Pengembangan Diri Anak.
4.
Video/slide/gambar
tentang perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, upacara adat dan alat
musik tradisional.
H. PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai
dengan kegiatan akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan
tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian
Kinerja.
2)
Penilaian
Produk.
b.
PenilaianHasilBelajar
1)
Pilihan
ganda.
2)
Isian
singkat.
3)
Esai atau
uraian.
Mengetahui Bantul,
Kepala
Sekolah, Guru Kelas 4B,
Agus Suharyanto, S.Pd Fatmarani Yudhiartika, S.Pd
NIP. 196006291979121001 NIP.-
0 komentar:
Posting Komentar