Pages

Dani Darmawan. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 November 2014

RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 (TEMA 1 - SUBTEMA 1 - PEMBELAJARAN 3)


RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 (TEMA 1 - SUBTEMA 1 - PEMBELAJARAN 3)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SatuanPendidikan                                :  SD Negeri .......................
Kelas / Semester                                    :  4 /1
Tema                                                      :  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                                              :  Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke                                   :  3
Alokasi waktu                                       : 1 Hari

A.           KOMPETENSI INTI

1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
                    
B.          KOMPETENSI DASAR

PJOK
3.2     Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1     Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.

PPKn
3.1     Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1     Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.

IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.          INDIKATOR

PJOK
1.           Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.

PPKn
1.           Menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran.
2.           Menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan
3.           Mendesain poster tentang persatuan.

IPS
1.           Menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

D.          TUJUAN

1.           Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
2.           Setelah mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.           Setelah membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menuliskan makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
4.           Setelah berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan dengan benar.
5.           Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang keberagaman dengan benar.





E.          MATERI
Beberapa poster dan tempat untuk bermain Gobak sodor atau Benteng.
Jenis permainan tradisional.
Makna sila-sila dari Pancasila.
Gambar dan teksmakna sila-sila dari Pancasila.

F.           PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
                               

G.         KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
2.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
3.     Dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
4.     Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
5.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
6.    Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
7.    Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
8.     Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
1.     Guru mengenalkan berbagai jenis permainan tradisional yang ada pada buku siswa (nama, asal permainan, dan cara bermain).
2.    Sebelum mengajak siswa bermain, guru membaca dengan saksama teks “Gobak Sodor” dan “Benteng-bentengan”.
3.     Setelah kegiatan bermain, siswa bersama guru berdiskusi tentang kegiatan permainan yang telah dilakukan.
4.     Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
5.    Siswa menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan membaca teks
6.     Siswa diajak untuk menghubungkan hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan nilai-nilai Pancasila.
7.     Siswa menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah satu permainan tradisional.
8.    Siswa diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal yang harus ditulis adalah:
1.     aturan permainan;
2.     cara permainan;
3.     strategi permainan;
150 menit
Penutup
1.     Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
2.     Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa.

3.    Siswa memceritakan permainan tradisional yang telah dipraktikkan di sekolah dan menunjukkan kepada orang tua atau orang lain di sekitar rumah.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Poster karya siswa dapat dipamerkan di lingkungan sekolah untuk kebutuhan kampanye tentang keberagaman.
15 menit

G.         SUMBER DAN  MEDIA

1.           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.           Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan BukuSiswaTema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.           Buku Pengembangan Diri Anak.
4.           Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.

H.         PENILAIAN

1.           Prosedur Penilaian
a.           Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.           Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).


2.           Instrumen Penilaian
a.           Penilaian Proses
1)          Penilaian Kinerja.
2)          Penilaian Produk.
b.           Penilaian Hasil Belajar
1)          Pilihan ganda.
2)          Isian singkat.
3)          Esai atau uraian.

            Mengetahui                                                    Bantul,
            Kepala Sekolah,                                            Guru Kelas 4B,



            ....................................                                    ......................................                       
             NIP.                                                               NIP.

0 komentar:

Posting Komentar