Pages

Dani Darmawan. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 November 2014

contoh rpp


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Satuan Pendidikan   :  SD….
 Kelas / semester        :  IV / 1
             Tema / Sub Tema     :  Indahnya Kebersamaan
             Sub Tema                  :  Keberagaman Budaya Bangsaku
            Materi Pokok             :  Keberagaman, Teks Laporan Hasil Pengamatan
                                                   Interaksi, nilai dan panjang pendek
            Pertemuan ke                        :  1
            Alokasi waktu            :  1 Hari (5x35 menit)


A.   KOMPETENSI INTI
1.       Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati  dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan di tempat bermain
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1      Menghargai kebhinneka-tunggalikaandan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa,rumah adat, makanan khas,upacara adat, sosial, dan ekonomidi lingkungan rumah, sekolah danmasyarakat sekitar
2.1      Menunjukkan perilaku, disiplin,tanggung jawab, percaya diri, beranimengakui kesalahan, meminta maafdan memberi maaf sebagaimanadicontohkan tokoh penting yangberperan dalam perjuanganmenentang penjajah hinggakemerdekaan Republik Indonesiasebagai perwujudan nilai dan moralPancasila
3.4   Memahami arti bersatu dalamkeberagaman di rumah, sekolah danmasyarakat
4.3   Bekerja sama dengan teman dalamkeberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4   Mengelompokkan kesamaan identitassuku bangsa (pakaian tradisional,bahasa, rumah adat, makanankhas, dan upacara adat), sosialekonomi (jenis pekerjaan orang tua)di lingkungan rumah, sekolah danmasyarakat sekitar

BAHASA INDONESIA
1.1   Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa Indonesiayang diakui sebagai bahasa persatuanyang kokoh dan sarana belajar untukmemperoleh ilmu pengetahuan
1.2   Mengakui dan mensyukuri anugerahTuhan yang Maha Esa atas keberadaanlingkungan dan sumber daya alam,alat teknologi modern dan tradisional,perkembangan teknologi, sosial, sertapermasalahan sosial
2.2   Memiliki kedisiplinan dan tanggungjawab terhadap penggunaan alatteknologi modern dan tradisional,proses pembuatannya melaluipemanfaatan bahasa Indonesia
2.4   Memiliki kepedulian terhadaplingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasaIndonesia
3.1   Menggali informasi dari teks laporanhasil pengamatan tentang gaya, gerak,energi panas, bunyi, dan cahayadengan bantuan guru dan temandalam bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilahkosakata baku
4.1   Mengamati, mengolah, danmenyajikan teks laporan hasilpengamatan tentang gaya, gerak,energi panas, bunyi, dan cahayadalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilahkosakata baku
IPS
1.3   Menerima karunia Tuhan YME yangtelah menciptakan manusia danlingkungannya
2.3   Menunjukkan perilaku santun, tolerandan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan temansebaya
3.5   Memahami manusia dalam dinamikainteraksi dengan lingkungan alam,sosial, budaya, dan ekonomi
4.5   Menceritakan manusia dalam dinamikainteraksi dengan lingkungan alam,sosial, budaya, dan ekonomi

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
1.1   Mengagumi ciri khas keindahan karyaseni dan karya kreatif masing-masingdaerah sebagai anugerah Tuhan
2.1   Menujukkan sikap berani mengekspresikandiri dalam berkarya seni
3.3   Membedakan panjang-pendek bunyi,dan tinggi-rendah nada dengan geraktangan
4.5   Menyanyikan lagu dengan geraktangan dan badan sesuai dengantinggi rendah nada

C.   INDIKATOR
PPKN
3.4.1 Mampu menjelaskan keberagamanyang adadi Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3.1Mampumenuliskan contoh perilaku sebagaibentuk kebanggaan menjadi anakIndonesia

BAHASA INDONESIA
3.1.1 Mampu menjawab pertanyaan tentang isi teks laporan hasil pengamatan secara lisan maupun tertulis
4.1.1 Mampu mengolah informasi dari teks“Mengenal Suku Minang” dalambentuk peta pikiran

IPS
3.5.1 Mampu menjelaskan dinamika interaksi di lingkungan sekolah
4.5.1 Mampu menjelaskan sikap yang ditunjukkanuntuk menghormatikeberagaman dalam bentuk tulisan


SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
3.3.1 Mampu membedakan tinggi rendah nada
4.5.1 Mampu menyanyikan lagu “Aku AnakIndonesia “ dengan tinggi rendahnada yang sesuai




D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskankeberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
        Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi
dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
        Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswamampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman
dalam bentuk tulisan dengan benar.
                    Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai
bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
                                Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi
yang sesuai.

MATERI PEMBELAJARAN
PPKN
·         Keberagaman

BAHASA INDONESIA
  • Teks laporan hasil pengamatan

IPS
  • Interaksi sosial di lingkungan sekolah

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
  • Bernyanyi dengan gerak tangan

E.       METODE PEMBELAJARAN
Sientifik

F.       MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media:
2.       Alat/Bahan:
3.       Sumber Belajar: Diri anak, Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Buku TematikKelas IV


G.        LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.       Melakukan tanya jawab tentang perbedaan dan persamaan yang ada pada siswa, misalnya; tentang budaya, agama, dsb
4.       Menyampaikan secara garis besar tema yang akan dibelajarkan yaitu:“Indahnya Kebersamaan”dengan sub- tema:”Keberagaman Budaya Bangsaku”
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Inti
Pada kegiatan inti ada 3 siklus pembelajaran
Siklus Pertama

Mengamati:
Siswa secara individual mengamatipeta budaya (pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik etnik)
150 menit
Menanya:
Siswa secara bergantian mengajukan dan menjawab pertanyaan (dengan atau tanpa bantuan guru)mengenaipeta budaya yang telah diamati.
Mengeksplorasi:
Siswa secara individual dan/ atau kelompok menggali dan mengumpulkan informasi tentang keberagaman budaya yang ada di wilayahnya dan/atau di Indonesia

Mengasosiasi/Menalar:
Siswa secara individual dan/atau kelompok menemukan ciri khas budaya masing-masing daerah
Mengkomunikasikan:
Siswa secara individual dan/atau kelompok memaparkan hasil kajian tentang keberagaman budaya (ciri khas budaya masing-masing daerah seperti: pakaian, tarian, rumah adat, dsb)
Siklus Kedua
Mengamati
Siswa secara individual membaca teks tentang “Mengenal Suku Minang”
Menanya
Siswa secara berpasangan bertanya jawab tentang isi teks

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari informasi tertulis/terekam tentang suku Minang
·         Siswa melakukan wawancara dengan teman-teman sekelas untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa yang ada di kelas
Mengasosiasi:
·         Siswa menyimpulkan dari berbagai informasi yang diperolehnya: apakah teman-teman sekelas berasal dari daerah yang sama? Apakah ciri khas daerahnya sama? Bagaimana sikap yang harus ditunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
·         Siswa menemukan alternatif sikap menghargai perbedaan suku bangsa
Mengkomunikasikan
·         Siswa menjelaskan peta pikiran yang telah dibuat
·         Siswa menuliskan berbagai informasi tentang suku Minang yang diperolehnya ke dalam tabel seperti yang ada pada buku siswa
·         Siswa menunjukkan sikap menghargai keberagaman
Siklus Ketiga
Mengamati
Mengamati isi teks lagu “Aku Anak Indonesia”
Menanya
Siswa di dalam kelompok mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia”
Mengeksplorasi
Siswa belajar notasi lagu dan tinggi rendah nada
Mengasosiasi
Siswa menyimpulkan makna/arti lagu
Mengkomunikasikan
·            Siswa menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia”
·            Siswa menceritakan aku bangga menjadi anak Indonesia
·            Menuliskan contoh perilaku dalam tabel yang menunjukkan kebanggaan terhadap Indonesia
Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
15 menit
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Melakukan penilaian hasil belajar
4.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

H.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
·         Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
·         Menghimpun pekerjaan hasil belajar dalam portofolio siswa
·         Catatan anekdotal siswa

  1. Instrumen Penilaian
a.    Daftar Periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta pikiran memuat rumah adat.


Peta pikiran memuat bahasa.


Peta pikiran memuat alat musik tradisional.


Peta pikiran memuat makanan tradisional.


Peta pikiran memuat tarian tradisional




b.      Daftar Periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS dan PPKn)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 contoh sikap menghargai keberagaman


Menuliskan 5 contoh sikap yang tidak menghargai keberagaman



c.       Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.


Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.



d.      Rubrik Diskusi

Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara




           (3)
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.

         (2)v
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang berbicara



           (1)
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat




         (3)v
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.



       (2)
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.

         (1)
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.

             (3)
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.



            (2)
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung





          (1)v
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.


           (3)
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten

          (2)v
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut



          (1)


Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
                             
Penilaian :

Contoh : 2

e.      Penilaian Sikap (peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu)

No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Ket
1
Peduli





2
Percaya Diri





3
Rasa Ingin tahu









Mengetahui                                                                                     Guru Kelas 4
Kepala Sekolah,                                                                




....................................................                                         ……………………………………               
NIP .............................................                                        NIP  ……………………………

0 komentar:

Posting Komentar