RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD….
Kelas / semester : IV / 1
Tema / Sub Tema : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku
Materi
Pokok : Keberagaman,
Teks Laporan Hasil Pengamatan
Interaksi, nilai dan
panjang pendek
Pertemuan
ke : 1
Alokasi waktu :
1 Hari (5x35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan di tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
1.1
Menghargai
kebhinneka-tunggalikaandan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa,rumah adat, makanan khas,upacara adat, sosial, dan ekonomidi lingkungan
rumah, sekolah danmasyarakat sekitar
2.1
Menunjukkan perilaku,
disiplin,tanggung jawab, percaya diri, beranimengakui kesalahan, meminta
maafdan memberi maaf sebagaimanadicontohkan tokoh penting yangberperan dalam
perjuanganmenentang penjajah hinggakemerdekaan Republik Indonesiasebagai
perwujudan nilai dan moralPancasila
3.4 Memahami arti bersatu dalamkeberagaman di rumah, sekolah
danmasyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalamkeberagaman di lingkungan rumah,
sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitassuku bangsa (pakaian
tradisional,bahasa, rumah adat, makanankhas, dan upacara adat), sosialekonomi
(jenis pekerjaan orang tua)di lingkungan rumah, sekolah danmasyarakat sekitar
BAHASA INDONESIA
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan YangMaha Esa berupa bahasa
Indonesiayang diakui sebagai bahasa persatuanyang kokoh dan sarana belajar
untukmemperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerahTuhan yang Maha Esa atas keberadaanlingkungan
dan sumber daya alam,alat teknologi modern dan tradisional,perkembangan
teknologi, sosial, sertapermasalahan sosial
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggungjawab terhadap penggunaan alatteknologi modern dan
tradisional,proses pembuatannya melaluipemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadaplingkungan dan sumber daya alam
melalui pemanfaatan bahasaIndonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporanhasil pengamatan tentang gaya,
gerak,energi panas, bunyi, dan cahayadengan bantuan guru dan temandalam bahasa
Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilahkosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, danmenyajikan teks laporan hasilpengamatan
tentang gaya, gerak,energi panas, bunyi, dan cahayadalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilahkosakata baku
IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yangtelah menciptakan manusia
danlingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, tolerandan peduli dalam melakukan
interaksi sosial dengan lingkungan dan temansebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamikainteraksi dengan lingkungan
alam,sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamikainteraksi dengan lingkungan
alam,sosial, budaya, dan ekonomi
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karyaseni dan karya kreatif
masing-masingdaerah sebagai anugerah Tuhan
2.1 Menujukkan sikap berani mengekspresikandiri dalam berkarya seni
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi,dan tinggi-rendah nada dengan
geraktangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan geraktangan dan badan sesuai dengantinggi
rendah nada
C. INDIKATOR
PPKN
3.4.1 Mampu menjelaskan
keberagamanyang adadi Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3.1Mampumenuliskan contoh perilaku sebagaibentuk kebanggaan menjadi
anakIndonesia
BAHASA INDONESIA
3.1.1 Mampu menjawab pertanyaan tentang isi teks
laporan hasil pengamatan secara lisan maupun tertulis
4.1.1 Mampu mengolah informasi
dari teks“Mengenal Suku Minang” dalambentuk peta pikiran
IPS
3.5.1 Mampu menjelaskan dinamika interaksi di lingkungan sekolah
4.5.1 Mampu menjelaskan sikap yang ditunjukkanuntuk menghormatikeberagaman
dalam bentuk tulisan
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
3.3.1 Mampu membedakan tinggi rendah nada
4.5.1 Mampu menyanyikan lagu
“Aku AnakIndonesia “ dengan tinggi rendahnada yang sesuai
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskankeberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
•
Setelah membaca teks “Mengenal
Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi
dalam bentuk peta pikiran
dengan benar.
•
Setelah mencari informasi
keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswamampu menjelaskan sikap yang
harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman
dalam bentuk tulisan dengan
benar.
•
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai
bentuk kebanggaan menjadi anak
Indonesia dengan benar.
•
Setelah bernyanyi dan
berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi
yang sesuai.
MATERI PEMBELAJARAN
PPKN
· Keberagaman
BAHASA INDONESIA
- Teks laporan hasil pengamatan
IPS
- Interaksi sosial di lingkungan sekolah
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
- Bernyanyi dengan gerak tangan
E.
METODE PEMBELAJARAN
Sientifik
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media:
2.
Alat/Bahan:
3.
Sumber Belajar: Diri anak,
Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Buku TematikKelas IV
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Melakukan tanya jawab
tentang perbedaan dan persamaan yang ada pada siswa, misalnya; tentang
budaya, agama, dsb
4.
Menyampaikan secara garis
besar tema yang akan dibelajarkan yaitu:“Indahnya
Kebersamaan”dengan sub- tema:”Keberagaman Budaya Bangsaku”
5.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
15 menit
|
Inti
|
Pada kegiatan inti ada 3
siklus pembelajaran
Siklus Pertama
Mengamati:
Siswa secara individual mengamatipeta budaya
(pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik etnik)
|
150 menit
|
Menanya:
Siswa secara bergantian
mengajukan dan menjawab pertanyaan (dengan atau tanpa bantuan guru)mengenaipeta budaya yang telah diamati.
|
||
Mengeksplorasi:
Siswa secara individual dan/ atau kelompok menggali
dan mengumpulkan informasi tentang keberagaman budaya yang ada di wilayahnya
dan/atau di Indonesia
|
||
Mengasosiasi/Menalar:
Siswa secara individual dan/atau kelompok menemukan ciri khas budaya
masing-masing daerah
|
||
Mengkomunikasikan:
Siswa secara individual dan/atau kelompok memaparkan hasil kajian tentang
keberagaman budaya (ciri khas budaya masing-masing daerah seperti: pakaian,
tarian, rumah adat, dsb)
|
||
Siklus Kedua
Mengamati
Siswa secara individual membaca teks tentang
“Mengenal Suku Minang”
|
||
Menanya
Siswa secara berpasangan bertanya jawab tentang isi
teks
|
||
Mengeksplorasi:
· Siswa mencari informasi tertulis/terekam tentang
suku Minang
· Siswa melakukan wawancara dengan teman-teman sekelas
untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa yang ada di kelas
|
||
Mengasosiasi:
· Siswa menyimpulkan dari berbagai informasi yang
diperolehnya: apakah teman-teman sekelas berasal dari daerah yang sama? Apakah
ciri khas daerahnya sama? Bagaimana sikap yang harus ditunjukkan terhadap
perbedaan yang ada?
· Siswa menemukan alternatif sikap menghargai
perbedaan suku bangsa
|
||
Mengkomunikasikan
· Siswa menjelaskan peta pikiran yang telah dibuat
· Siswa menuliskan berbagai informasi tentang suku
Minang yang diperolehnya ke dalam tabel seperti yang ada pada buku siswa
· Siswa menunjukkan sikap menghargai keberagaman
|
||
Siklus Ketiga
Mengamati
Mengamati isi teks lagu “Aku Anak Indonesia”
|
||
Menanya
Siswa di dalam kelompok mendiskusikan isi dan makna
lagu “Aku Anak Indonesia”
|
||
Mengeksplorasi
Siswa belajar notasi lagu dan tinggi rendah nada
|
||
Mengasosiasi
Siswa menyimpulkan makna/arti lagu
|
||
Mengkomunikasikan
· Siswa menyanyikan lagu “Aku
Anak Indonesia”
· Siswa menceritakan aku
bangga menjadi anak Indonesia
· Menuliskan contoh perilaku
dalam tabel yang menunjukkan kebanggaan terhadap Indonesia
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
H.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
·
Menghimpun pekerjaan hasil
belajar dalam portofolio siswa
·
Catatan anekdotal siswa
- Instrumen Penilaian
a. Daftar
Periksa untuk peta
pikiran (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta pikiran memuat rumah adat.
|
||
Peta pikiran memuat bahasa.
|
||
Peta pikiran memuat alat
musik tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat makanan tradisional.
|
||
Peta pikiran memuat tarian tradisional
|
b. Daftar Periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman
(IPS dan PPKn)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 contoh sikap menghargai keberagaman
|
||
Menuliskan 5 contoh sikap
yang tidak menghargai keberagaman
|
c. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Bernyanyi
sesuai dengan intonasi yang benar.
|
||
Bernyanyi sesuai dengan
tinggi rendah nada.
|
d. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
(2)v
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat
(3)v
|
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
(1)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
(3)
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
(2)
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung
(1)v
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten
(2)v
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut
(1)
|
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
Penilaian :
Contoh : 2
e. Penilaian Sikap (peduli, percaya diri, dan rasa
ingin tahu)
No
|
Sikap
|
Belum terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1
|
Peduli
|
|||||
2
|
Percaya Diri
|
|||||
3
|
Rasa Ingin tahu
|
Mengetahui Guru
Kelas 4
Kepala Sekolah,
.................................................... ……………………………………
NIP
............................................. NIP ……………………………
0 komentar:
Posting Komentar