RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 (TEMA 1 -
SUBTEMA 1 - PEMBELAJARAN 3)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SD Negeri .......................
Kelas /
Semester : 4 /1
Tema : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi
waktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak
melalui permainan dan atau tradisional.
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol
sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai
satu kesatuan yang utuh.
IPS
3.5 Memahami manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C.
INDIKATOR
PJOK
1.
Mempraktikkan
permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar.
PPKn
1.
Menuliskan
makna dari tiap sila Pancasila dalam bentuk peta pikiran.
2.
Menjelaskan
perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam bentuk tulisan
3.
Mendesain
poster tentang persatuan.
IPS
1.
Menjelaskan
nilai-nilai yang dipelajari pada saat mempraktikkan permainan tradisional yang
bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN
1.
Setelah
memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional
dengan teknik bermain yang benar.
2.
Setelah
mempraktikkan permainan tradisional, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai yang
dipelajari, yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Setelah
membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menuliskan makna dari tiap sila Pancasila
dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
4.
Setelah
berdiskusi siswa mampu menjelaskan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila
dalam bentuk tulisan dengan benar.
5.
Setelah
berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang keberagaman dengan benar.
E.
MATERI
Beberapa poster dan tempat untuk
bermain Gobak sodor atau Benteng.
Jenis permainan tradisional.
Makna sila-sila dari Pancasila.
Gambar dan teksmakna sila-sila dari
Pancasila.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9.
2.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
3.
Dilanjutkan
dengan Pembacaan Teks Pancasila.
4.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
5.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
6. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.
7. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
8.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Guru
mengenalkan berbagai jenis permainan tradisional yang ada pada buku siswa
(nama, asal permainan, dan cara bermain).
2. Sebelum
mengajak siswa bermain, guru membaca dengan saksama teks “Gobak Sodor” dan
“Benteng-bentengan”.
3. Setelah
kegiatan bermain, siswa bersama guru berdiskusi tentang kegiatan permainan
yang telah dilakukan.
4. Siswa
menjawab pertanyaan pada buku siswa.
5. Siswa
menganalisis makna sila-sila dari Pancasila dengan menganalisis gambar dan
membaca teks
6. Siswa
diajak untuk menghubungkan hal-hal baik yang didapatkan dari permainan dengan
nilai-nilai Pancasila.
7. Siswa
menulis cerita tentang pengalamannya bermain salah satu permainan
tradisional.
8. Siswa
diingatkan untuk memasukkan hal-hal berikut dalam tulisannya.
Hal-hal
yang harus ditulis adalah:
1. aturan
permainan;
2. cara
permainan;
3. strategi
permainan;
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal
yang telah mereka pelajari,
kesulitan yang mereka alami,serta hal lain
apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
2. Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya
bangsa.
3. Siswa
memceritakan permainan tradisional yang telah dipraktikkan di sekolah dan
menunjukkan kepada orang tua atau orang lain di sekitar rumah.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9. Salam
dan do’a penutup.
Pengayaan
Poster
karya siswa dapat dipamerkan di lingkungan sekolah untuk kebutuhan kampanye
tentang keberagaman.
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan BukuSiswaTema 1
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
3.
Buku Pengembangan Diri Anak.
4.
Video/slide/gambar
tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
H. PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan
tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian
Kinerja.
2)
Penilaian
Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
1)
Pilihan
ganda.
2)
Isian
singkat.
3)
Esai atau
uraian.
Mengetahui Bantul,
Kepala
Sekolah, Guru Kelas 4B,
.................................... ......................................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar